Banyak Percetakan yang sering menanyakan perihal kertas bahan pembuat ID card apa yang akan digunakan. Tentu sebagai pemesan, Anda wajib untuk mengetahui beserta kelebihan dan kekurangannya. Hal ini dikarenakan pemilihan material kertas ini sangatlah penting terlebih untuk lanjut ke proses berikutnya. Hasil cetak nantinya sangat terpengaruh besar oleh kualitas bahan.

ID card sendiri merupakan sejenis kartu dengan ukuran tertentu dimana berisi seputar identitas pribadi seseorang. Biasanya kartu ini digunakan sebagai pengenal diri agar lebih efektif dan efisien. Maka tak heran jika banyak instansi hingga sekolah menerapkan penggunaan ID card bagi setiap anggota.

Khusus jenis kartu nama ada beberapa material kertas bahan pembuat ID card yang biasanya dipilih antara lain brief card, glossy photo paper, standard, hingga translucent. Masing-masing kertas tersebut tentu memiliki ketajaman warna dan kejelasan tulisan berbeda-beda. Pun juga harganya juga berbeda tergantung pada kualitas dan ketebalan yang diterapkan.

Dari beberapa jenis material kertas tersebut, ID card kertas standard menjadi yang paling banyak dipilih. Pasalnya jenis ini memiliki ketebalan dan ketajaman warna yang seimbang dan tentunya harganya terbilang terjangkau. Biasanya teknik cetak yang diaplikasikan untuk material kertas ini adalah laminating glossy, laminating doff, hingga foil dan silver dengan ukuran minimal 9 x 5,5 cm.

Ukuran ID Card Berdasarkan Aturan Negara

Banyak yang tak mengetahui selain membedakan dari segi material kertas bahan pembuat ID card, ternyata ukurannya pun berbeda-beda tergantung pada aturan negara berlaku. Standar ini memang tidak banyak diketahui dan bahkan mungkin tak ada yang menyadari kecuali para pelaku industri percetakan.

Antara Indonesia dengan negara lain di belahan dunia tentu menerapkan aturan berbeda terkait ukuran standar ID card ini. Khusus Indonesia layaknya produk lain juga ada label SNI sebagai standar kelayakan yang berlaku. Jika menurut standar Indonesia maka ID card wajib memiliki ukuran sekitar 9x 5,5 cm.

Meski ada standar ukuran cetak kertas bahan pembuat ID card, namun ini adalah sekadar anjuran. Pada hakikatnya semua kembali pada kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda. Pun juga tergantung pada jenis ID card apa yang diinginkan. Pemberlakuan ukuran dengan standar sama dengan Indonesia ternyata diterapkan di negara lain, seperti Denmark, Swedia, Taiwan, dan masih banyak negara lainnya.

Kertas Berkualitas Bukanlah yang Mahal

Banyak yang mengira jika semakin tinggi harga kertas maka semakin berkualitas pula hasil cetakan nantinya. Padahal pernyataan tersebut tidak semuanya benar. Banyak kertas yang memang harganya sangat murah, namun kualitasnya justru terbaik. Khusus ID card memang harus memilih kertas bagus namun, ada pula bahan yang tergolong murah dan sesuai dengan printer yang digunakan.

Salah satu jenis kertas yang sering diperuntukkan untuk bahan ID card adalah Ivory. Ivory ini merupakan jenis kertas yang memiliki kemiripan dengan art paper dan carton. Hanya saja Ivory memiliki warna dasar putih dan biasanya digunakan untuk bahan poster.

Kertas bahan pembuat ID card jenis Ivory ini memang tergolong murah, namun memiliki permukaan yang terlihat mengkilap.Itulah kenapa bahan ini paling sering dipilih karena berkualitas, tetapi memiliki harga yang terjangkau.

Bagi Anda yang menginginkan cetak ID card kualitas terbaik dengan harga terjangkau maka Jogjacard pilihan tepat. Tak perlu khawatir karena hasil cetak dijamin berkualitas tanpa takut pudar. Jika Anda tertarik bisa memesan langsung ke JogjaCard.com jalan Veteran 172, Yogyakarta atau hubungi 082137830045 untuk info seputar kertas bahan pembuat ID card ini.

Ukuran dan Kertas Bahan Pembuat ID Card yang Dipilih
Open chat