Proses cetak ID card merupakan  tahapan penting dimana Anda diharuskan untuk memilih bahan yang akan digunakan. Diantara banyaknya bahan yang dipilih, setidaknya ada dua yang biasanya dipilih, yakni instan dan polyvinil chloride (PVC). Keduanya memang sekilas mirip bahkan sulit dibedakan, padahal jelas sekali perbedaannya jika diamati secara cermat.

Perbedaan ini bisa Anda ketahui dari segi warna, tebal kartu, hingga hasil plong di ujung ID card. Agar Anda tidak menyesal kemudian maka sudah seharusnya mengetahui seputar perbedaan antara bahan instan dan PVC. Sehingga Anda pun bisa mendapatkan ID card berkualitas dengan standar ideal atau sesuai kebutuhan.

Hasil cetak ID card bahan instan merupakan sebuah kelebihan darinya. Dari segi harga memang jauh lebih murah, namun warna tidak begitu solid atau jelas, mudah luntur jika kena air, hingga mudah patah. Selain itu, di bagian sikunya biasanya tidak rapi. Untuk penggunaan jangka pendek agaknya bahan instan ini bisa Anda pilih.

Sementara ID card bahan PVC lebih baik daripada instan, baik dari segi warna dan sistem laminasinya yang kuat. Selain itu, tidak mudah luntur meski terkena air dan potongan di bagian sikunya juga terbilang sangat rapi lantaran menggunakan sistem plong digital. Jika ID card yang Anda inginkan tahan lama maka sebaiknya pilih bahan PVC ini.

Berkenalan dengan Jenis ID Card Bahan PVC

Jika mengacu pada ulasan di atas tentu bahan PVC menjadi cetak ID card terbaik dibandingkan jenis lainnya. Namun, ternyata PVC ini tidak hanya terdiri dari satu macam bahan melainkan dua, yakni PVC standard dan kartu komposit. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannyasertabisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget.

PVC standard merupakan jenis plastik yang 100% bahannya dari PVC atau polyvinil chloride. Ketika dicetak, printer akan otomatis melakukan personalisasi pada permukaan PVC tersebut. Sementara untuk kartu komposit sendiri merupakan jenis plastik yang terdiri dari 3 lapisan, yakni PVC di bagian depan dan belakang, serta PET di bagian tengah.

Sehingga dapat disimpulkan jika cetak ID card bahan PET diapit oleh PVC dengan komposisi PET 40% sisanya PVC masing-masing 30%. Penambahan PET ini bukanlah tanpa sebab, melainkan bertujuan untuk menambah daya tahan agar lebih kuat namun tetap fleksibel. Kebanyakan kartu debet, kredit, hingga ATM menggunakan bahan ini.  

Alat yang Sering Digunakan untuk Membuat ID Card

Setidaknya untuk membuat ID card membutuhkan beberapa alat dan bahan, diantaranya komputer, printer khusus, mesin laminasi, mesin plong, ID card hole maker, bahan kartu, tempat ID card, dan tali lanyard. Yang tak kalah pentingnya adalah Anda wajib untuk mempersiapkan data apa yang akan dicantumkan dalam ID card.

Masing-masing alat tersebut memiliki peran penting guna menghasilkan ID card berkualitas. Mungkin dari sekian banyak alat maka printer menjadi yang paling penting. Printer yang digunakan bukanlah sembarangan, melainkan harus printer khusus ID card dengan hasil yang tajam.

Pada intinya, cetak ID card berkualitas dan gambar tajam harusmemilih printer dengan resolusi DPI tinggi. Denganbegitu, hasil yang Anda dapat akan sangat berkualitas dan memuaskan. Tentu hal ini akan sangat memudahkan ketika dilihat oleh orang lain karena kualitas cetak yang baik.

Jika Anda memerlukan jasa untuk cetak kartu ID maka memesan di Jogjacard solusinya. Tidak perlu khawatir lantaran hasil cetaknya berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Anda pun bisa bebas memilih desainnya. Datang langsung ke Alamat  JogjaCard.com Jalan Veteran 172, Yogyakarta atau bisa hubungi 082137830045 untuk cetak ID card.

Perbedaan Cetak ID Card Instan Vs Polyvinil Chloride
Open chat