Siapa yang tak mengenal kartu identitas, apalagi jenis ID card ternyata sangat banyak sekali berdasarkan pada kegunaannya. ID atau identity card merupakan sebuah tanda pengenal yang berisi informasi penting seputar diri seseorang agar mudah dikenal banyak orang. Maka tak heran jika ID card ini memegang peran yang sangat penting.

Banyak orang disekitar Anda sudah mengenal ID card, namun tak sedikit orang yang tahu akan jenis-jenisnya. Padahal antara satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Agar tampilannya semakin menarik dan praktis ketika dipakai maka dilengkapi pula dengan tali ID card.

Setidaknya ada empat jenis ID card yang biasa dikenal, yakni kartu biasa, magnetik, mifare dan proximity atau RFID. Kartu biasa merupakan ID card yang biasanya berupa lembarang kecil sebagai tanda pengenal diri. Isinya pun hanya sebatas hal-hal penting, seperti nama dan jabatan. Bentuknya sederhana mirip dengan KTP atau ID card karyawan.

Kartu magnetik merupakan ID card yang dimodifikasi dengan magnet. Kartu ini mirip sekali dengan ATM dan cara menggunakannya pun sama dengan menggesek ketika transaksi. Sementara kartu proximity atau RFID serta mifare merupakan ID card model terbaru dengan dilengkapi teknologi terkini agar semakin mudah digunakan dan disimpan.

Fungsi ID Card yang Wajib Anda Ketahui

Ternyata perbedaan dari segi jenis ID card juga berpengaruh pada fungsinya. Ada beberapa fungsi ID card yang ternyata banyak orang tak mengetahuinya, antara lain menambah kesan disiplin dan rapi, penyimpan data pribadi seseorang, sebagai alat promosi hingga mampu memberi kesan positif dikala bertemu banyak orang penting.

Selain sebagai tanda pengenal layaknya yang diketahui kebanyakan orang, ID card ternyata juga bisa digunakan sebagai media promosi. Bayangkan saja seorang tak akan mampu melakukan promosi jika orang yang menjadi sasaran tidak mengenal siapa Anda dan darimana asalnya. Padahal pengenalan diri ini sangat penting dan tentunya dengan ID card tidak banyak buang waktu.

Contoh mudahnya kartu biasa yang menjadi jenis ID card paling diminati lantaran mudah dibawa kemana Anda pergi. Sehingga ketika bertemu klien atau kolega dan mereka belum terlalu mengenal maka Anda bisa memberikan kartu nama tersebut. Selain itu, ID card juga bisa membuat Anda terkesan lebih menarik dan disiplin.

Proses Pembuatan ID Card

Mencetak ID card bukanlah hal gampang lantaran Anda memerlukan alat dan bahan yang dibutuhkan. Selain Anda wajib memilih jenis ID card, juga perlu mempertimbangkan bahan apa yang akan dipilih bisa kertas atau PVC. Meski begitu, bukan berarti Anda tak bisa berhemat karena semua bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Untuk membuat ID card setidaknya ada tiga proses yang harus dilalui, mulai dari mengumpulkan identitas lengkap yang akan dicantumkan, memilih desain, hingga proses cetaknya. Informasi yang perlu Anda persiapkan misalnya nama lengkap, alamat, jabatan, nama instansi, hingga nomer telepon baru kemudian disesuaikan dengan desainnya.

Perlu Anda ingat pilihlah bahan yang awet digunakan serta nyaman dipakai. Yang paling penting tentunya harganya yang murah. Mudahnya Anda bisa cari tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari keempat jeniskartu ID tersebut Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Jika Anda sedang bingung menentukan percetakan yang menyediakan ID card berkualitasmaka Jogjacard adalah solusinya. Percetakan yang berpusat di Yogyakarta ini menyediakan tamplate desain yang bervariasi dan menarik. Anda bisa datang ke JogjaCard.com Jalan Veteran 172, Yogyakarta atau bisa hubungi 082137830045 untuk pemesanan dan info tentang jenis ID card.

Mengulas Jenis ID Card Beserta Fungsinya yang Wajib Diketahui
Open chat