Membuat ID Card bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang cukup menguntungkan, selain karena harga alat dan bahan yang tidak terlalu mahal, konsumen pengguna ID Card juga cukup banyak. Konsumen ini misalnya dinstansi pendidikan, perusahaan, organisasi, komunitas, dan atau kelompok masyarakat lainnya.

Bahan ID Card

Secara umum bahan kartu identitas yang digunakan terbuat dari dua bahan yang mana untuk masing-masing bahan tentu juga disesuaikan pada jenis kartu itu sendiri. Untuk mengetahui apa saja bahan yang digunakan untuk membuat kartu identitas Anda bisa menyimak pada ulasan berikut:

Bahan PVC

Pada bahan ini bisa ditemukan pada 3 pilihan warna yaitu warna silver, putih polos dan warna gold. Sementara untuk bahan dari pvc ini terdiri pada tiga lapis yaitu untuk dua bahan transparan dengan ketebalan kisaran 0,5mm dan digunakan pada media cetak. Untuk 1 bahan pvc memiliki ketebalan 0,46 mm dan seringkali digunakan untuk menempelkan bahan transparan.

Bahan Art Paper

Bahan kedua yang seringkali digunakan untuk membuat ID card yaitu art paper yang terbuat dari bahan kertas pada gramatur antara 300 hingga 350 gram. Secara umum bahan ini digunakan untuk bikin kartu hanya sekali pakai saja, misalnya seperti konser maupun acara tahunan.

Ukuran ID Card

Ukuran ID Card kartu nama

Untuk kartu nama ada beberapa ukuran seperti:

90 mm x 55mm.

80 mm x 53 mm.

ID Card Standar Internasional

Ukuran ID card 000 atau seringkali disebut sebagai ukuran ID card 4 maupun tipe CR80.

ID card 1 dengan ukuran 85.60mm x 53.98 mm.

ID card 2105 mm x 74 mm atau 10,5 cm x 7,4 cm.

ID Card Standar Indonesia Atau Negara Lain

90 mm x 54mm

Untuk ukuran ID card yang pertama ini di buat dan dikeluarkan oleh standar Asia dari negara Hongkong, China, Singapore dan Malaysia.

Ukuran 85mm x 55mm

Untuk ukuran yang kedua ini seringkali digunakan pada standar negara di kawasan Eropa.

Ukuran 90 mm x 55mm

Ukuran yang ketiga ini digunakan pada standar Negara Kolombia, Australia, India, Denmark, Indonesia, Norwegia, New Zealand, Sweden, Vietnam dan Taiwan.

Ukuran 91 mm x 55 mm

Pada ukuran ini seringkali digunakan pada standar negara Jepang atau negara bagian Asia.

Ukuran 89 mm x 51 mm

Ukuran ID card ini memang mempunyai standar kartu identitas yang lebih berbeda dan seringkali digunakan pada negara Kanada, Belanda dan Amerika Serikat.

Ukuran 90 mm x 50 mm

Untuk ukuran kartu ini khusus digunakan untuk membuat kartu nama yang ada di negara Republik Ceko dan Hungaria.S

Peralatan yang digunakan untuk membuat ID Card tidaklah terlalu banyak, bahan yang digunakan pun juga bisa dari kertas yang bisa dibeli di toko kertas, atau pun dengan bahan PVC yang bisa dibeli dalam bentuk lembaran dan bisa juga dibeli dalam bentuk ID Card Instant.

Beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk membuat ID Card diantaranya adalah :

1. Kamera

Kamera menjadi salah satu alat yang digunakan untuk menciptakan image gambar berupa foto yang akan dicetak dalam ID Card. Ada banyak jenis dan merek kamera yang bisa digunakan, dari kamera pocket hingga kamera DSLR yang memiliki resolusi tinggi.

Adapun kamera yang baik digunakan untuk membuat foto ID Card adalah kamera digital jenis DSLR (digital single lens reflex), yakni kamera yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Kelebihan dari kamera DLSR ini selain hasil gambarnya yang bagus, kamera jenis ini juga mampu menyimpan file foto dalam bentuk digital.

Agar gambar yang dihasilkan dari pemotretan bisa maksimal, maka membutuhkan beberapa peralatan pendukung seperti lampu flash/blitz, tripot, dan background yang digunakan sebagai latar belakan obyek yang akan dipotret.  Biasanya background yang dibutuhkan adalah warna biru, warna merah dan bisa juga ditambah dengan background gradasi warna-warni.

2. Komputer

Satu set komputer dibutuhkan untuk membuat desain dan mencetak ID Card. Beberapa software yang digunakan untuk proses ini adalah software desain berbasis vektor seperti Corel Draw atau bisa juga menggunakan Adobe Ilustrator. Sedangkan untuk mengolah image foto bisa menggunakan Adobe Photoshop. Image foto yang dihasilkan dari kamera DSLR masih perlu diolah agar hasilnya bisa maksimal. Setidaknya dengan bantuan komputer foto bisa di-resize sesuai ukuran ID Card yang dibutuhkan.

3. Printer ID Card

Untuk mencetak desain yang telah dihasilkan komputer maka dibutuhkan printer yang bisa digunakan untuk mencetak bahan PVC. Printer ini bisa berupa printer khusus ID Dard maupun printer digital lainnya. Adapun beberapa merek printer untuk mencetak kartu ini misalnya merek Fargo, Zebra, Datacard, Evolis, Nisca, HiTi, Pointman dan lain-lain.

Sebenarnya semua Printer InkJet bisa dipakai untuk mencetak ID Card, hanya saja untuk menghasilkan cetakan yang bagus perlu dipilih printer yang hasil cetaknya tajam. Tingkat kualitas gambar hasil printer biasanya dinyatakan dalam dots per inchatau DPI. Semakin tinggi angka resolusi DPI, semakin baik gambar yang akan tercetak.

4. Mesin Laminasi

Mesin laminasi merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk melekatkan bahan PVC yang dicetak agar dapat menempel dengan kuat. Ukuran mesin laminasi sendiri secara umum terdiri dari 3 ukuran, yakni ukuran kecil untuk melaminasi ID Card atau KTP, ukuran sedang sebesar kertas A3, serta ukuran besar yang dapat melaminasi kertas yang besarnya hingga 450 cm. Untuk kebutuhan laminasi ID Card Anda bisa menggunakan ukuran mesin laminasi kecil atau pun yang sedang.

Dari setiap mesin laminasi memiliki dua pilihan sistem pemanas, yaitu system Hot Shoe (Tube) yang memiliki kelebihan pemanasannya lebih cepat dan yang kedua sistem Mica Heating yang proses pemanasannya lebih stabil.

5. Mesin Plong/ ID Card Punch Machine

ID Card Punch Machine atau yang lebih dikenal dengan alat plong ini memiliki desain untuk pengoperasian yang mudah dan dan dapat dikerjakan secara manual karena tidak membutuhkan listrik.

Alat ini memiliki ukuran potong 54 x 86 dan digunakan untuk memotong hasil cetakan ID Card dengan hasil potongan yang bersih dan rapi.

6. ID Card Hole Maker

ID Card Hole Maker merupakan alat berbentuk seperti Tang yang berfungsi untuk membuat lubang pada ID Card. Pada umumnya tang jenis ini yang beredar di pasaran memiliki dua bentuk lubang yang dihasilkan, yakni bentuk oval dan bentuk lingkaran.

Untuk tang yang menghasilkan lubang bentuk oval memiliki ukuran lubang 3mm x 13 mm. Sedangkan lubang yang berbentuk lingkaran pada ID Card memiliki beberapa pilihan diameter yaitu 3mm, 4mm, dan 5mm.

7. Bahan PVC ID Card

Bahan baku untuk membuat ID Card yang paling umum digunakan adalah bahan PVC. Bahan ini banyak beredar di pasaran dalam 3 warna yakni putih polos, warna silver dan warna gold.

Bahan PVC terdiri dari tiga lapis, yakni 2 bahan transparan yang memiliki ketebalan sekitar 0,15 mm digunakan sebagai media untuk dicetak, dan 1 bahan PVC tebal (0,46 mm) yang digunakan sebagai tempat untuk menempelkan kedua bahan transparan tersebut.

Adapun ukuran bahan PVC yang dijual bisa berbentuk lembaran besar (20×30 cm) ataupun dapat dipilih bahan PVC Instant dengan ukuran 54mm x 86mm. Masing-masing ukuran ini biasanya dijual dalam jumlah 50 set/pak.

8. Tempat ID Card

ID Card dari bahan PVC selain dapat dilubangi langsung, juga tersedia tempat ID Card yang dapat diberi tali gantungan. Ada beragam warna dan bahan dasar yang tersedia di pasaran, mulai dari bahan plastik, kain, kulit atau bahan sintetis lainnya.

9. Tali ID Card

Tali ID Card berfungsi untuk gantungan yang biasa dipakai dengan cara dikalungkan di leher. Selain dalam bentuk tali gantungan ada juga tali yang dikaitkan dengan Yoyo ID Card yang bisa dipakai pada saku baju.

JUAL BAHAN ID CARD
Tagged on:                                     
Open chat