Semua transaksi dalam sebuah bisnis dan usaha itu sangat penting , dari segi penjualan hingga pembelian. Cetak nota merupakan keperluan kantor dan usaha anda yang sangat penting dan jangan sampai anda lewatkan.

Cetak Nota di jaman sekarang sudah banyak ragamnya dari nota berbahan kertas, cetak nota print hingga cetak nota digital via email. Namun masih banyak juga usaha dan bisnis yang masih menggunakan cetak nota berbahan kertas , bahan kertas NCR 2 rangkap hingga 5 rangkap sesuai dengan kebutuhan. Dengan nota NCR anda dapat mempermudah dalam proses pembukuan karena memiliki arsip cetak nota secara nyata. Dari sebuah nota anda dapat menunjukkan bukti telah dilakukannya transaksi untuk barang-barang yang telah disetujui antara pembeli dan penjual. Selain itu, nota menjadi Salinan bukti penjualan saat proses pembukuan keuangan dalam usaha/bisnis. Dalam pencetakan nota anda dapat mencantumkan berbagai desain didalamnya berupa gambar maupun tulisan. Anda dapat menambahkan logo brand/perusahaan, informasi tentang perusahaan/usaha, kontak yang dapat dihubungi. Sehingga didalam cetak nota yang anda berikan kepada pembeli memberikan informasi yang mendetail dari sebuah transaksi hingga informasi tentang perusahaan.

Cetak Nota kertas dapat dicetak dengan menggunakan bahan HVS dengan keperluan 1 rangkap ataupun karena cetakan yang fullwarna, untuk bahan yang lain ada bahan NCR, Doorslag untuk penggunaan nota lebih dari 1 rangkap. Cetak nota dapat dipesan dari cetak 1 warna hingga 3 warna sesuai dengan kebutuhan.

Cetak Nota Rangkap

Sebelum Anda memutuskan untuk mencari tempat cetak nota, Anda harus mengetahui apa saja jenis nota dan berapa lapis yang bisa Anda buat. Ini dikarenakan, biasanya Anda akan ditanya oleh pihak percetakan mau cetak nota rangkap 2, cetak nota rangkap 3 atau cetak nota rangkap berapa?

Jadi, apa saja sih maksud rangkap atau ply dalam pencetakan nota? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk baca penjelasan berikut.

CETAK Nota Lembaran

Jika Anda memilih nota yang hanya lembaran (tidak dirangkap), nota yang Anda dapatkan hanya berupa nota biasa dari kertas HVS. Karena tidak ada kertas “transfer” nya, nota ini bisa dipakai untuk usaha kecil yang hanya mau memberikan bukti pembayaran pada customer saja. Jadi, Anda tidak memiliki bukti pembayaran karena sudah diberikan oleh customer Anda.

Namun, jika Anda membutuhkan kertas sebagai bukti pembelian untuk usaha Anda, sebaiknya menggunkan nota rangakap minimal 2 ply.

Cetak Nota Rangkap 2

Cetak nota 2 rangkap artinya adalah ada 2 kertas yang terdapat pada nota tersebut. Kertas tersebut terdiri dari kertas putih dan kertas NCR warna. Kertas NCR warna adalah kertas jiplak yang ada di balik kertas putih, fungsinya untuk menyalin data pada kertas putih.

Cetak Nota Rangkap 3

Cetak nota rangkap 3 berarti ada 3 kertas di dalam nota tersebut yaitu 1 kertas putih dan 2 kertas NCR di balik kertas putih tersebut.

Cetak Nota Rangkap 4

Cetak nota rangkap 4 sama dengan cetak nota rangkap 2 maupun nota rangkap 3. Di dalam nota ada kertas putih dan 3 kertas NCR di baliknya.

Jenis-jenis nota tersebut tidak hanya digunakan oleh pihak percetakan, jika Anda memilih untuk membeli nota jadi yang tersedia di supermarket maupun toko alat tulis, maka jenis-jenis notanya juga sama.

Selain berdasarkan rangkap atau lapiasnnya, jenis nota juga dibedakan menjadi nota dengan numerator dan nota tanpa numerator.

Kenapa Harus Cetak Nota?

Jika di supermarket maupun toko buku tersedia nota jadi, kenapa harus cetak nota di percetakan? Anda harus cetak nota karena jika Anda menggunakan nota jadi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sembarang supermarket maupun toko alat tulis, tapi jika Anda membeli nota di sana maka Anda akan mendapatkan nota yang tidak ada ciri khas perusahaan Anda seperti nama, logo, alamat dan kontak perusahaan. Sehingga orang-orang tidak bertanggungjawab dapat menipu Anda maupun staff Anda.

Misalkan Anda memiliki online shop yang pemesanannya dilakukan secara manual melalui whatsapp maupun line. Suatu hari ada seseorang yang memprotes bahwa barang pesanannya rusak padahal baru dibuka. Namun Anda maupun staff Anda merasa jika orang tersebut tidak beli di tempat Anda. Orang tersebut pasti akan bersikeras mengatakan bahwa dia membeli barang tersebut dari toko Anda. Lalu Anda meminta orang tersebut untuk menunjukkan nota pembelian.

Nah, jika Anda menggunakan nota polos maka orang yang sebenarnya tidak beli di tempat Anda bisa saja membeli sembarang nota lalu membuat nota palsu mengatasnamakan toko Anda. Namun, bila Anda menggunakan nota khusus yang ada nama, logo serta kontak toko Anda, maka orang yang tadinya mau menipu tidak berhasil menipu karena tidak dapat menunjukkan nota pembelian yang sah.

Dalam artikel ini kami akan menginformasikan tentang Cetak Nota 1 Rim, berikut informasinya:

  • Nota 1 Folio : Ukuran 21 x 33 cm
  • Nota ½ Folio : Ukuran 16.5 x 21 cm
  • Nota 1/3 Folio : Ukuran 11 x 21 cm
  • Nota ¼ Folio : Ukuran 8,25 x 21 cm atau 10,5 x 16,5 cm
  • Nota 1/8 Folio : Ukuran 8,25 x 10,5 cm

Ukuran nota hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan usaha anda. Jika usaha anda tingkat penjualannya sangat tinggi (seperti rumah makan / sembako) sebaiknya ukurannya tidak usah terlalu besar agar menghemat. Namun jika anda menjual barang-barang yang harganya mahal namun jumlah nota yang keluar per harinya tidak terlalu banyak sebaiknya gunakan nota dengan ukuran yang agak besar. Karena ukuran nota juga mempengaruhi prestis suatu barang.

Nota kami memakai bahan kertas NCR non karbon. Hasil jumlah jadi Per Rim nya bervariatif, bila Anda membuat ukuran ¼ folio anda Akan mendapatkan 40 buah buku yang satu bukunya ada 50 set asli-copy. Kami juga menawarkan design Gratis untuk nota. Demikian informasi tentang Cetak Nota 1 Rim yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya, semoga bermanfaat.

CETAK NOTA
Tagged on:                                     
Open chat