Cetak ID Card adalah keniscayaan untuk setiap perusahaan, instansi atau organisasi apapun

Dalam sebuah perusahaan, ID Card karyawan berfungsi sebagai informasi data tentang karyawan. Cetak ID Card biasa berisi info nama, nomor karyawan, dan jabatan. Tak sebatas informasi, ID Card juga digunakan untuk akses masuk ke ruangan kerja dan absensi. Penggunaan ID Card juga berfungsi untuk memberikan kesan rapi dan formal serta membedakan mana karyawan dan mana pengunjung untuk menghindari hal­hal yang tak diinginkan.

Umumnya, ID Card berukuran kecil, seperti 56 x 86 mm. Untuk cetak ID Card, Anda bisa ke percetakan murah yang banyak tersedia di Jakarta, seperti Snapy. Selain di Jakarta, Snapy juga memiliki cabang yang tersedia di Bekasi, Tangerang, Depok, Surabaya, Medan, Semarang, Makassar, dan Bali. Selain mendatangi langsung ke cabangnya, Anda juga bisa cetak ID Card melalui Snapy online yang jauh memudahkan Anda.

Prosesnya, Anda hanya tinggal meng­upload desain ID Card (baik yang berbentuk portrait atau landscape), kemudian tinggal dicetak. Tidak perlu datang ke cabang dan menunggu lama karena hasilnya akan diantar ke tempat Anda. Proses cetak ID Card di Snapy juga menjamin kepuasan setiap pelanggannya. Jika Anda tidak puas dengan kualitas ID Card, Anda bisa mengembalikannya dengan invoice dan alasan kenapa Anda tidak puas. Ada tiga macam penggantian, yakni refund dana, mengganti pesanan, dan potongan langsung sebesar 20%

Penting menentukan tempat untuk cetak ID Card terpercaya karena sekarang ID Card adalah tanda pengenal yang banyak digunakan dengan tujuan tertentu. Digunakannya ID Card bisa menunjukkan identitas pemakai, baik sebagai karyawan, mahasiswa, panitia, member, dan berbagai konteks lainnya.

ID Card juga menjadi salah satu syarat penunggu pasien bisa keluar masuk di rumah sakit, sementara keluarga dirawat di kamar inap. Untuk membuat ID Card, Cetak ID Card dibutuhkan media dengan bahan baku berkualitas tinggi untuk menjaga keawetan kartu yang akan bisa bertahan lebih lama.

Pemilihan tinta yang bagus bisa menentukan kualitas tulisan, bukan hanya indah dipandang, namun juga bisa bertahan lama. Kualitas bahan memang menjadi pertimbangan penting saat cetak ID Card, namun yang tidak kalah penting adalah jalur atau proses komunikasi yang mudah serta tidak merepotkan dengan produsen.

Jika pemesanan bisa dilakukan melalui jarak jauh, seperti komunikasi via Whatsapp atau jalur telepon, maka dipastikan proses pembuatan ID Card akan lebih sederhana. Bukan hanya komunikatif, namun waktu yang digunakan untuk pembuatan juga bisa terasa lebih efektif bagi kedua pihak.

Jenis-jenis ID Card

Cetak ID Card memiliki ragam jenis dan kegunaan. Di bawah ini tidak mencakup semua, namun bisa dipelajari satu per satu, di antaranya sebagai berikut.

Kartu Member

Kartu member sedikit berbeda dengan kartu anggota, sebab dimilikinya kartu ini berarti pemilik akan diberikan keuntungan dalam beberapa hal. Misal, jika yang dimaksud kartu member untuk berbelanja maka beberapa item bisa diberikan potongan harga hanya untuk yang memiliki kartu member.

Kartu Anggota

Berbeda dengan kartu member, kartu anggota adalah kartu yang menyatakan seseorang merupakan bagian dari sebuah hal. Misal, Anda mendaftarkan diri membuat kartu anggota perpustakaan maka untuk meminjam buku, dibutuhkan kartu tersebut. Tidak ada unsur komersial dari jenis kartu ini.

Kartu Pasien

Kartu pasien adalah kartu yang berisi data diri pribadi kita dan bisa digunakan untuk berobat di rumah sakit atau tempat kesehatan lainnya. Kartu pasien ini membantu tenaga medis untuk merekam kesehatan kita setiap kali kita berobat ke tempat tersebut.

Kartu Diskon

Kartu ini pasti sangat ditunggu-tunggu oleh para ibu-ibu maupun wanita single yang hobi berbelanja. Jika terlalu asing dengan kartu diskon, bayangkan saja voucher belanja. Untuk menggunakan kartu ini, Anda harus berhati-hati dan memilih sumber pemberi kartu yang sudah pasti terpercaya.

Ragam Bentuk ID Card

Ketika cetak ID Card, bentuknya tidak hanya mengacu pada satu jenis, Anda bisa menentukan hendak memilih bentuk seperti apa. Ada yang disebut dengan ID Card Press, yakni ID yang terbuat dari mesin heat press dan menyatukan antara bahan PVC serta dilaminating untuk membuat ID Card berkualitas.

Ada juga ID Card yang berjenis printed offset, artinya proses cetak kartu ini membutuhkan beberapa media, seperti aluminium, karet, kertas untuk direalisasikan. Selain itu, ada jenis cetak ID Card Transparan, jenis kartu yang memudahkan siapa saja untuk melihat sisi depan dan sisi belakang.

Jika bosan dengan ukuran ID Card, Anda bisa memesan ukuran ID Card bebas, sesuai keinginan dan kebutuhan. Untuk menggunakan ID Card, Anda bisa memanfaatkan beberapa media, seperti casing untuk membungkus ID Card dan jepit yoyo atau tali.

Jika Anda berniat untuk mencetak kartu pengenal, hubungi yang terpercaya di bidangnya hanya di Jalan Veteran 172 Yogyakarta dengan kontak WA 082137830045 untuk informasi lebih lanjut. Jangan tunggu nanti, segera lakukan pemesanan sekarang untuk mendapatkan kualitas cetak ID Card terbaik.

untuk membuat IDCARD / Kartu nama ada alat-alat yang harus kamu punya atau miliki antara lain :

1. Seperangkat komputer

2. Printer

3. Alat laminating / bisa diganti gosokan baju. suhu berkisar 150 C

4. Alat Plong ID card

5. Kertas PVC nya

Langkah selanjutnya :

    Silakan Anda desain ID Card di komputer menggunakan Corel Draw atau Photoshop dengan ukuran 5,4 x 8,6 cm. Posisi (portrait atau landscape) bisa Anda sesuaikan tergantung kebutuhan.

    Anda set mirror untuk mencetak di printer atau cetak terbalik ( kualitas Photo ).

    Siapkan bahan/kertas PVC (bukan PVC kaku) masukkan ke printer, jangan sampai terbalik. Bagian yang di print adalah bagian yang tidak ada lapisan pelindungnya. ( atau yang kasar).

    Setelah Anda print tunggu hasil kering dahulu kira-kira 2 menit ( INX PIGMENT ) 3 menit ( INX ARTPAPER ) agar aman dan yakin 100% sudah kering.

    Tempelkan Kedua kertas yang Anda prin tadi dengan PVC yang tebal, buka penutup plastiknya dulu.

    Set suhu laminator menjadi 150 derajat, apabila panas laminator sudah tercapai maka masukkan ID Card PVC yang sudah dilengketkan tadi, kemudian Anda dinginkan dulu -+ 1-2 Menit.

    Potong menjadi 2 bagian dengan pemotong kertas / Cutter.

    Ambil mesin plong ID Card dan plong ID Card yang sudah Anda potong tadi.

    Jadi deh. Nah, Anda bisa menambahkan jepit atau tali pada ID Card dengan cara memplong ID Card bagian atas menggunakan tang plong ID Card.

Nah begitulah Tutorial cara cetak id card dengan kertas PVC semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan masukan untuk usaha mu jika kamu berminat untuk membuat percetakan kartu nama. sekian dan terimakasih.

1. Desain Grafis

Sebelum mencetak, Anda perlu membuat desain ID card semenarik mungkin. Banyak software desain grafis yang bisa Anda manfaatkan untuk pembuatan desain, baik melalui ponsel ataupun desktop. Sebagai contoh, CorelDraw, Photoshop, iBusiness Card, Canva, Gravit Designer, dan masih banyak lagi.

Hal yang perlu diingat pada saat proses pembuatan desain adalah ukuran dari ID card, mengingat standar ukuran ID card di setiap negara berbeda. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan kekhasan tersendiri dari masing-masing negara. Khusus Indonesia, standar ukuran ID card yang lumrah digunakan adalah panjang 90 mm dengan lebar 55 mm. Ukuran ini akan pas saat dipotong dengan mesin potong (mesin plong) nantinya.

Selain ukuran, hal lain yang perlu diperhatikan saat proses desain adalah membangun desain. Desain harus sesuai dengan standar isi ID card dari perusahaan, sekolah, komunitas, ataupun lembaga kedinasan yang mengeluarkan kartu—mulai dari perpaduan warna, foto, hingga informasi pemilik kartu.

2. Pengaturan Ukuran Kertas dan Printer

Cara cetak ID card selanjutnya adalah mengatur ukuran kertas dan mode printer. Karena menggunakan printer desktop biasa, maka kita harus mengatur printer serta ukuran kertas secara manual sebelum mencetaknya.

Kertas yang dipakai untuk mencetak ID card adalah kertas PVC dengan ukuran standar 200 mm x 300 mm. Maka, aturlah ukuran kertas di aplikasi komputer sesuai dengan ukuran kertas sebenarnya. Jika menggunakan CorelDraw, awali dengan lembar kerja baru (klik pada new file) dan akan muncul pada layar komputer Anda lembar pengaturan dokumen.

Atur dengan detail sebagai berikut (1) nama file ‘cetak ID card’, (2) pilihan kertas PVC, (3) lebar kertas 200 mm, (4) panjang kertas 300 mm, (5) opsi Primary Color Mode pada pengaturan CMYK, dan (6) resolusi 300 dpi.

Setelah selesai, copy desain ID card yang sudah jadi ke lembar kerja tersebut. Penuhi lembar kerja dengan desain tersebut. Dalam satu lembar PVC, Anda bisa mencetak sepuluh kartu pengenal dengan ukuran standar (90 x 55 mm).

Jika desain ID card sudah disalin ke lembar kerja, Anda siap mencetak. Namun, jangan lupa untuk mengatur printer pada mode cetak mirror terlebih dahulu.

3. Cetak

Siapkan bahan kertas PVC yang akan dicetak—lembar PVC ada tiga jenis, yaitu lapisan A, lapisan tengah, dan lapisan B. Lapisan yang dipergunakan saat mencetak adalah lapisan A dan B. Pada kedua lapisan ini, ada sisi dengan lapisan pelindung dan ada yang tidak. Ingat ya, bagian yang dicetak adalah sisi yang tidak memiliki lapisan pelindung.

Nah, pastikan Anda tidak salah memasukan kertas ke mesin cetak. Pakai lapisan A untuk mencetak bagian depan kartu, dan lapisan B untuk mencetak bagian belakang. Setelah dicetak, tunggu kurang lebih dua menit agar tinta mengering.

4. Pemotongan dan Laminasi

Ada dua cara pemotongan dan laminasi yang bisa Anda lakukan.

Pertama, potong setiap bagian kertas PVC menjadi dua bagian. Kemudian, masukkan ke mesin plong untuk setiap bagian kertas tadi. Setelah semua kartu selesai di-plong, satukan setiap bagian potongan lapisan kertas A, lapisan tengah, dan lapisan kertas B. Rekatkan dengan mesin laminasi suhu 100 hingga 150 derajat.

Kedua, menempelkan semua lapisan yang dicetak tadi dengan lapisan tengah PVC (kertas yang paling tebal). Setelah tertempel, susunan kertas langsung dilaminating. Baru kemudian dipotong menjadi dua bagian, dan dimasukkan ke mesin plong.

Selesai dilaminating, kupas lapisan pelindung. Jadi deh ID card-nya! Bagaimana mudah bukan mengikuti cara cetak ID card menggunakan printer?

Jasa Cetak Id Card Kulit Jogja

Jasa cetak ID card Jogja di bisabikin.in akan memberikan pelayanan terbaik dan memberikan penawaran harga khusus. Anda yang akan menggunakan jasa Kami juga dapat melakukan konsultasi secara Cuma-cuma hingga penggantian desain sesuai kesepakatan yang telah ditentukan.

Toko offline KamI yang ada di Yogyakarta bisa langsung dikunjungi oleh para customer yang tinggal di Jogja dan sekitarnya. Kami melayani berbagai permintaan customer mulai dari pembuatan id card untuk satuan maupun grosir.

Bisabikin.in menjadi salah satu vendor yang bisa diajak kerjasama dalam berbisnis pembuatan id card. Jika Anda ingin membuat id card bahan kulit atau ingin menjalankan bisnis desain grafis dengan keuntungan yang lumayan, Anda bisa langsung menghubungi bisabikin.in secara gratis.

CETAK ID CARD
Tagged on:
Open chat