Dengan adanya id card sebagai identitas atau tanda pengenal akan semakin mudah seseorang untuk mengetahui nama pengguna id card tersebut.

Saat ini, membuat id card sendiri bisa dibilang wajib, baik bagi perusahaan atau instansi bahkan juga bisa digunakan pada suatu acara atau event tertentu. Bikin id card adalah solusi membuat id card sendiri yang praktis, berkualitas dan murah.

Anda bisa Bikin id card sendiri dengan memperhatikan aspek-aspek berikut ini:

1. Ubah Gambar

Untuk  Bikin id card Anda dapat mengunggah gambar anda sendiri. Anda bisa membuat gambar logo, foto Anda sendiri, atau animasi. Namun bagi id card karyawan memang lebih cocok menggunakan foto pemilk id card. Atau Anda bisa menambahkan gambar yang sesuai dengan keinginan desain anda.

2. Ubah Font

Kemudian untuk  Bikin id card Pilih Font yang sesuai dengan keunikan dan kerapian Font tersebut. Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam memilih font adalah mudah dibaca. Ini dikarenakan id card digantungkan dan dilihat dari jarak jauh. Jika menggunakan font latin, akan sulit dibaca.

3. Ubah Latar Belakang

Lanjut langkah ketiga untuk Bikin id card Anda dapat mengubah latar belakang dengan warna-warna sesuai dengan tema anda atau bisa juga menggunakan gambar. Agar matching dengan acara, latar belakang disesuaikan dengan warna ciri khas tema acara atau organisasi maupun perusahaan.

4. Ubah Warna

 Bikin id card Anda dapat bermain dalam menggunakan warna. Seperti warna kotak teks dan teks untuk memberikan lebih banyak gaya. Anda juga bisa menggunakan warna simple, seperti warna monochrome jika ingin  Bikin id card dengan tema simple.

Jika sudah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan, Anda bisa menyimak cara buat id card sendiri sebagai berikut :

1. Mengambil Data

Sebelum Bikin id card, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan informasi menganai data diri. Keterangan penting sebagai data seperti nama, jenis kelamin, umur, alamat dan lain lain. Anda bisa cara Bikin id card dengan microsoft word terlebih dahulu.

Setelah data dirasa cukup, Anda bisa memberikan bagian yang juga penting yaitu foto Anda sebagai pemilik id card. Gunakan foto bila dibutuhkan dan juga agar data yang terdapat pada id card semakin lengkap. Biasanya foto digunakan pada id card pegawai, atau id card member organisasi, bisa juga digunakan pada id card panitia.

2. Bikin desain id card

Setelah data yang dibutuhkan sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah mendesain id card itu sendiri. Untuk mengedit desain, Anda dapat menggunakan photoshop, namun menggunakan corel draw lebih dianjurkan. Buat desain dengan warna yang sesuai dan ukuran tulisan id card yang tidak terlalu kecil agar mudah dibaca.

3. Mencetak ID Card

Untuk mencetak id card berbeda dengan mencetak dokumen dokumen pada biasanya yang menggunakan kertas HVS. Untuk mencetak id card harus menggunakan kertas PVC yang tebal dan memang diperuntukan untuk Bikin id card.

Dalam mencetaknya, menggunakan printer thermal agar hasilnya lebih maksimal. Printer inject tidak digunakan untuk mencetak id card karena hsilnya kurang tajam. Kualitas gambar hasil cetak dinyatakan dalam dots per inch (DPI), semakin tinggi resolusi DPI, hasil semakin baik.

4. Laminating

Bikin id card Walaupun kertas PVC sudah memiliki kesan keras dan juga bagus. Untuk berjaga jaga apa bila terjadi kerusakan pada ID Card maka seharusnya dilaminating.

Mesin laminasi berfungsi untuk melekatkan antara kertas hasil desain dengan bahan PVC agar menempel lebih kuat. Anda bisa memilih menggunakan mesin laminasi berukuran kecil atau sedang dengan dua jenis pemanas hot shoe (tube) dan Meta heating.

5.bikin Bentuk ID Card

Setelah laminasi selesai, Bikin id card  dicetak atau dibentuk sesuai dengan garis pola template yang sudah dibuat diawal tadi. Baik ukuran maupun bentuknya alangkah baiknya jika sesuai dengan ukuran plong id card. Namun di Bikin Id Card Anda bisa membuat bentuk dan ukuran custom yang menarik.

Plong id card disebut juga Id Card Punch Machine, mesin ini tidak menggunakan listrik alias manual. Keuntungannya dengan mesin ini adalah hasil pemotongan id card lebih bersih dan rapi. Setelah dipotong sesuai pola, id card ini dihaluskan lagi agar tidak tajap pada sisi-sisi id card.

6. Memasang Pada Tempat ID Card

Stelah jadi, id card bisa langsung digunakan. Agar id card dapat dilkalungkan pada leher maka langkah selanjutnya adalah memasangnya pada tempat id card. Banyak sekali jenis tempat id card seperti kulit. Banyak juga yang menjual tempat id card kulit karena sedang populer dan desain kulit membuat sedikit elegan.

Anda juga bisa menggunakan gantungan yoyo atau langsung menggantungkannya dengan tali id card atau lanyard. Namun jika Anda ingin langsung menggantungkannya, Anda harus melubangi id card tersebut dengan id card hole maker.

Cara bikin ID Card di Microsoft Word

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, cara bikin ID Card di Word bisa dipraktikan menjadi 2 cara. Baik dengan templates ataupun membuatnya secara manual.

  • Langkah pertama, silahkan jalankan aplikasi Microsoft Word Anda.
  • Kemudian klik tab File > New > pada kolom search ketik “Card” > Tekan Enter.
  • Selanjutnya pilih templates yang ingin digunakan.
  • Jika sudah, klik Create dan tunggu sampai proses download templates selesai.

Setelah selesai, silahkan kembali ke dokumen Anda dan sekarang templates berhasil terpasang.

  • Sekarang Anda hanya perlu mengubahnya saja nih, sesuai dengan kolom yang sudah disediakan pada templates tersebut.
  • Jika dirasa kolom yang disediakan kurang sesuai, Anda dapat mengubah, menghapus dan menambahkannya secara manual.
  • Selesai, sekarang Anda dapat bikin ID Card sendiri dengan menggunakan templates.

2. bikin ID Card di Word Secara Manual

Jika Anda kurang tertarik menggunakan templates, maka dapat mencoba membuat ID Card secara manual.

Cukup menggunakan shapes yang disediakan Word dan sedikit desain, maka nantinya Anda dapat membuat ID Card sendiri.

  • Pertama, silahkan buka Mircrosoft Word di PC yang akan digunakan.
  • Setelah itu format dulu kertas pada Word Anda dengan kriteria ukuran ID Card. Nantinya, saya akan memberikan rekomendasi ukuran yang pas untuk bikin ID Card.

Kemudian Anda dapat menggunakan shapes sebagai background ID Cardnya. Caranya, klik tab Insert > Shapes > pilih yang kotak atau Rectangle.

Selanjutnya ubah warna sesuai kemauan Anda. Caranya klik shapes tersebut > pada tab format pilih Shape fill untuk merubah warna keseluruhan dan shape outline untuk garisnya.

Lalu tambahkan shapes lagi untuk mempercantik ID Card yang ingin dibuat. Kali ini, saya menambahkan shape Rectangle: Rounded Corners dengan warna putih.

Catatan:

Nantinya shapes ini digunakan sebagai tempat foto Anda dan beberapa teks penting lainnya.

Setelah itu, tambahkan logo Anda. Caranya, klik tab Insert > Pictures > pilih gambar logo yang ingin digunakan.

Catatan:

Letakkan sesuai keinginan, jika ingin keliatan menarik dapat menaruhnya diatas shapes Rectangle: Rounded Corners. Sehingga, tampilan awal sementara akan seperti ini.

  • Kemudian tambahkan foto Anda. Jika pada saat menambahkan foto ada masalah seperti gambar dibawah ini, maka Anda klik gambar tersebut > klik menu disamping kanannya atau yang saya beri panah > lalu pilih In Front of Text.

Selanjutnya tambahkan teks, caranya pilih tab insert > shapes > pilih text box. Pada langkah ini, saya menambahkan alamat didalam shapes text box tersebut.

  • Selesai, kini Anda sudah bisa bikin ID Card secara manual di Word.

BIKIN ID CARD DICANVA

BIKIN ID Card karyawan bukan bisa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word saja. Kamu juga bisa lho membuatnya secara online dengan menggunakan situs Canva.

Situs Canva merupakan situs desain grafis online yang dapat digunakan untuk membuat beragam jenis gambar PNG, JPB, BMP dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

1) Masuk ke Situs Canva

Untuk bisa menggunakan situs Canva dan membuat ID Card karyawan disana kamu harus masuk dulu ke situsnya dengan menggunakan akun yang kamu miliki. Jika belum punya kamu buat dulu.

  • Silahkan buka situs Canva.com
  • Kemudian klik login
  • Silahkan isi formulir pendaftaran, atau
  • Pilih masuk dengan Facebook atau akun Google
  • Klik login

2) Pilih Jenis Desain ID Card (Kartu Nama)

Setelah kamu masuk ke halaman situs Canva, maka kamu akan di hadapkan pada banyak fitur. Perhatikan pada menu buat baru, cari dan pilih jenis desain kartu nama.

  • Login ke situs Canva
  • Perhatikan pada menu buat baru
  • Scroll ke samping untuk menemukan desain kartu nama
  • Pilih dan klik pada menu kartu nama

3) Mulai Desain ID Card di Canva

Setelah kamu klik desain kartu nama, maka kamu akan di bawa ke halaman desain kartu nama Canva. Silahkan kau mulai proses pembuatan kartu nama karyawan sesuai degan yang diinginkan.

Gunakan fitur template: untuk memilih bentuk kartu nama atau ID Card karyawan yang kamu inginkan

  • Gunakan fitur Foto: untuk menambahkan foto pada kartu nama karyawan yang kamu buat
  • Gunakan fitur Elemen: untuk menambahkan beberapa jenis elemen yang di inginkan sesuai kebutuhan
  • Gunakan fitur teks: untuk menambahkan tulisan teks pada ID Card yang dibuat

Fitur Video: ini mungkin tidak bisa digunakan pada ID Card, karena fungsinya untuk menambahkan video

  • Gunakan fitur latar: untuk mengganti latar belakang atau background ID Card yang dibuat
  • Gunakan fitur unggahan: untuk mengunggah atau upload foto dan gambar lain ke Canva untuk mendesain ID Card yang dibuat.

4) Download ID Card

Bila kamu sudah menyelesaikan desain ID Card atau kartu nama karyawan yang kamu buat di Canva, maka kamu tinggal download ID Card nya untuk di cetak. Cara Downloadnya seperti ini:

  1. Klik pada menu download (tanda panah bawah) di pojok kanan atas situs Canva
  2. Pilih jenis file gambar yang di inginkan (JPG, PNG PDF, GIF)
  3. Klik unduh
  4. Proses download akan dimulai

C. Cara Bikin ID Card di HP

ID Card tidak hanya bisa dibuat dengan menggunakan PC saja melainkan juga bisa dibuat dengan menggunakan HP. Di android ada banyak sekali aplikasi desain ID Card yang bagus. Salah satunya adalah aplikasi Business Card Maker Visiting Card Maker.

1) Install Aplikasi Business Card Maker

  • Langkah pertama, pasang aplikasi ini pada perangkat android yang kamu miliki. Pastikan ponsel kamu ter koneksi dengan jaringan internet.
  • Silahkan buka aplikasi Google Playstore
  • Cari aplikasi Business Card Maker Visiting Card Maker
  • Klik pada menu Install
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai

2) Mulai Desain Kartu Nama

  • Jika kamu sudah memasang aplikasi Business Card Maker nya, maka selanjutnya tinggal kamu mulai proses pembuatan kartu namanya. Caranya juga sangat mudah sekali. Berikut adalah tahapan dan langkah-langkahnya:
  • Buka aplikasi Business Card Maker
  • Klik buat
  • Pilih jenis template yang akan digunakan
  • Klik pada teks untuk mengedit teks
  • Masukkan nama dan identitas karyawan sesuai kebutuhan
  • Ganti latar belakang atau backgroundnya
  • Tambahkan foto dengan klik add image
  • Pilih foto dan masukkan
  • Atur posisi foto sesuai dengan yang diinginkan

3) Simpan Kartu Nama

  • Jika desain kartu nama karyawan sudah selesai dibuat, tinggal kamu simpan desain kartu nama tersebut pada direktori SSD HP yang kamu gunakan. Caranya seperti ini:
  • Klik pada menu download
  • Pilih tempat penyimpanan di direktori HP
  • Tunggu sampai terdownload
  • Selesai

Nah itulah 3 cara bikin ID Card karyawan di Microsoft Word, di Canva dan juga dengan menggunakan aplikasi HP android. Sangat mudah bukan?

BIKIN ID CARD
Tagged on:                                     
Open chat