Membuat ID Card merupakan salah satu agenda wajib yang harus dilakukan oleh sebuah perkantoran atau perusahaan. ID Card tersebut nantinya akan digunakan oleh para karyawan sebagai kartu tanda pengenal atau sebagai tanda keanggotaan sebuah perusahaan. Sehingga seluruh karyawan pada perusahaan tersebut bisa mengenal satu sama lain.

Selainitu, ID Card kini juga digunakan sebagai media untuk absensi serta akses memasuki wilayah atau ruangan pada sebuah perusahaan. Jika ID Card tersebut tidak dibawa oleh karyawan tersebut maka dirinya tidak akan di izinkan untuk memasuki area tersebut. Oleh sebab itu, ID Card memiliki peranan sangat penting.

Untuk cetak ID Card yang berkualitas maka perusahaan harus pandai memilih vendor yang telah berpengalaman dalam mencetak ID Card. Dengan begitu, bisa didapatkan ID Card yang berkualitas serta dijamin keawetannya untuk penggunaan yang lama. Mengingat ID Card tersebut akan digunakan dalam waktu yang lama bahkan hingga bertahun-tahun.

Tips untuk Membuat ID Card

Membuat kartu ID tidak bisa sembarangan  meskipun ukurannya kecil dan mungkin sering dianggap sepele. Kartu ID Card harus benar-benar mencerminkan perusahaan yang profesional agar bisa meyakinkan orang yang melihatnya nanti. Sebelum Anda mencetak ID Card maka ada baiknya jika Anda menyimak tips berikut ini:

  • Pilihlah bahan yang akan digunakan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mencetak ID Card ialah memilih bahan untuk pencetakan ID Card. Jika Anda tidak mengetahui karakteristik bahan untuk ID Card maka Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa agar diberitahu jenis bahan paling bagus. Biasanya bahan yang direkomendasikan ialah berupa bahan PVC.

  • Tentukan ukuran ID Card

Dipasaran banyak sekali ukuran ID Card yang tersedia, jika perusahaan Anda tidak mempunyai standar baku ukuran ID Card, maka Anda bisa mendesainnya dengan menentukannya sendiri. Pilihlah ukuran yang paling umum atau standar ukuran ID Card yang ada di Indonesia. Pastikan pula membuat ID Card tersebut tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

  • Desain ID Card

Selanjutnya Anda bisa membuat desain ID Card. Dalam pembuatan desain tersebut Anda bisa menyisipkan logo perusahaan, nama perusahaan, dan juga foto beserta nama ataupun nomor karyawan Anda. Anda juga bisa menambahkan background pada ID Card tersebut berupa warna-warna netral.

  • Tentukan pengait ID Card

Ketika membuat ID Card maka Anda wajib menentukan pengait yang akan digunakan. Apakah pengait tersebut menggunakan tali, penjepit, atau emboss. Hindari mencetak ID Card tanpa tali karena justru akan mempersulit Anda untuk membawanya kemana-mana. Jika Anda menggunakan tali, maka biasanya tali tersebut akan disesuaikan warna serta desainnya dengan ID Card yang Anda buat.

Cara Mengecek Sablon ID Card

ID Card yang berkualitas mempunyai sablon atau tinta yang tidak akan mudah pudar. Untuk memastikan bahwa ID Card yang Anda buat memiliki sablon yang berkualitas maka Anda bisa mengeceknya dengan mudah. Cara pertama ialah Anda bisa bertanya kepada penyedia jasa apakah pencetakan membuat ID Card sudah menggunakan mesin atau prin manual.

Jika ID Card yang dibuat menggunakan mesin canggih maka bisa dipastikan ID Card tersebut benar-benar berkualitas. Cara kedua ialah melihat hasil prin pada ID Card kemudian perhatikan dengan seksama. Cobalah untuk mengusap dengan lembut menggunakan kain atau tissue pada hasil cetakan. Jika tidak mengelupas maka hasil print cukup berkualitas.

Bagi yang ingin mencetak ID Card untuk perusahaan maka Anda bisa menggunakan jasa JogjaCard.com yang beralamat di Jalan Veteran 172 Yogyakarta. Tentukan bahan dan ukuran yang ingin digunakan pada kami. Untuk pemesanan dan informasi lainnya, hubungi kami melalui WhatsApp di nomor 082137830045 untuk membuat ID Card.

Tips Membuat ID Card Paling Berkualitas dan Awet
Open chat