Cetak kartu osis kini menjadi kebutuhan setiap instansi sekolah. Pasalnya, kartu osis dapat dijadikan sebagai kartu identitas resmi pelajar. Mengingat pelajar biasanya belum cukup umur untuk memiliki ktp. Sehingga sebagai gantinya mereka akan membawa kartu osis ke mana pun mereka pergi untuk tujuan apa pun.

Mengingat fungsi kartu osis yang sangat krusial, maka proses pencetakannya juga tak boleh dilakukan dengan asal. Harus diperhatikan dengan seksama mulai dari pemilihan bahan kartu hingga desain yang digunakan. Pemilihan bahan kartu yang tepat dapat menentukan penggunaan kartu osis yang tahan lama.

Bahan utama pembuatan kartu osis dapat dibagi menjadi dua macam yakni PVC dan bahan instan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga pemilihannya tergantung pada kebutuhan instansi Anda. Berikut adalah perbandingan bahan PVC dan instan yang dapat dijadikan referensi pembuatan kartu osis.

Warna yang Dihasilkan

Perbedaan bahan untuk cetak kartu tentunya berpengaruh nyata pada hasil kartu. Salah satu yang paling nampak adalah masalah warna. Penggunaan bahan instan akan menghasilkan warna kartu yang tak solid, kusam, dan membayang. Hal ini jelas beda jika Anda menggunakan PVC sebagai bahan utama.

Hasil warna penggunaan bahan PVC untuk cetak kartu osis adalah warna yang solid dan tajam. Hal ini dikarenakan pengaruh metode percetakan. Berbeda jenis bahan akan memberikan perbedaan metode cetak. Jika bahan instan dicetak menggunakan metode biasa maka lain dengan bahan PVC yang dicetak menggunakan digital printing.

Kekuatan Laminasi

Perbandingan lain dari bahan instan dan PVC pada cetak kartu osis adalah masalah laminasi. Laminasi pada bahan instan bisa dibilang tak kuat sehingga mudah terlepas. Hal ini jelas berbeda jika anda menggunakan bahan PVC karena menghasilkan sistem laminasi yang kuat. Sistem ini terjadi karena proses laminasi menggunakan press oven.

Daya Tahan Kartu

Salah satu faktor pemilihan bahan cetak kartu osis adalah karena daya tahan. Seperti yang kita tahu bahan instan pada kartu osis menghasilkan kartu mudah rusak. Pasalnya kartu akan mudah luntur dan mengelupas jika terkena air. Hal ini jelas berbeda dengan bahan PVC yang dapat bertahan meskipun digunakan hingga 5 tahun.

Hasil Pemotongan Kartu

Bahan PVC yang dibuat menggunakan teknologi tinggi akan menghasilkan pemotongan kartu osis yang rapi. Hal ini dikarenakan PVC dipotong dengan sistem plong digital. Sistem tersebut jelas berbeda dengan bahan instan yang hanya dipotong secara manual. Tak heran jika bagian sisi kartu akan terlihat tak rapi.

Ketebalan dari Kartu

Bahan pembuatan kartu osis juga sangat berpengaruh pada ketebalan kartu. Bahan instan untuk cetak kartu osis tak direkomendasikan karena sifat kartu sangat lentur. Hal tersebut membuat kartu mudah patah jika terkena goresan dan gesekan. Berbeda dengan bahan PVC yang dapat diatur ketebalannya.

PVC memiliki 3 tingkat ketebalan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih PVC tebal, sedang, hingga yang tipis layaknya kartu atm. Ketebalan yang bervariasi tetap didukung dengan sifat kaku. Sehingga kartu tak mudah patah meskipun terkena goresan atau pun gesekan dan kartu akan tahan lama dalam segala jenis kondisi.

Jika Anda membutuhkan kartu osis, bisa memilih Jogjacard.com sebagai pilihan Anda. Anda bisa menghubungi nomor Whatsapp : 082137830045 atau langsung datang ke Jalan Veteran 172, Yogyakarta. Pasalnya, kami merupakan produsen kartu osis idaman dengan hasil produk yang bergaransi resmi. Kami siap melayani cetak segala jenis kartu mulai dari id card, kartu nama, hingga cetak kartu osis.

Perbandingan Cetak Kartu Osis Bahan Instan dan PVC
Open chat