Bahan ID Card merupakan salah satu pertimbangan yang wajib untuk Anda perhatikan jika Anda ingin membuat sebuah ID Card untuk perusahaan atau acara tertentu. Seperti yang telah diketahui bahwa ID Card mempunyai peranan sangat penting untuk sebuah instansi atau perusahaan. Id Card akan berfungsi sebagai tanda pengenal pegawai atau karyawan.

Selainitu, ID Card juga berguna sebagai identitas suatu perusahaan. Bisa jadi tanpa ID Card tersebut maka perusahaan akan kehilangan cirri khas atau identitas yang melekat. Oleh sebab itu, penting untuk sebuah perusahaan atau instansi memiliki ID Card. Jika dilihat dari fungsi lainnya, ID Card juga berfungsi sebagai keamanan.

Dimana setiap karyawan yang memegang ID Card diperbolehkan untuk memasuki area tertentu pada perusahaan. Jika tidak menggunakan ID Card maka ada larangan guna akses ruangan tertentu. Salah satu bentuk seperti ini merupakan bentuk pengamanan yang bisa diterapkan oleh perusahaan guna menjaga privasinya.

Jenis Bahan ID Card yang Biasa Digunakan

Bahan atau material akan berpengaruh pada kualitas ID Card yang Anda gunakan nantinya. Semakin baik bahan yang digunakan maka kualitas yang didapat juga semakin bagus. Ada beberapa jenis bahan yang digunaka nuntuk membuat ID Card, yaitu sebagai berikut ini.

  • Bahan PVC

Bahan PVC merupakan salah satu jenis bahan paling umum digunakan sebagai bahan ID Card. Bahan ini terdiri dari tiga warna berbeda,yaitu silver, putih, dan juga gold. Bahan PVC mempunyai tiga lapisan, lapisan pertama berupa dua bahan transparan. Bahan transparan tersebut mempunyai tingkat ketebalan yang berkisar 0.5 mm.

Fungsi utama dari bahan transparan tersebut ialah sebagai media cetak. Sementara bahan lainnya, yaitu berupa satu bahan PVC yang mempunyai fungsi untuk menempelkan kedua bahan transparan yang sudah dicetak. Bahan PVC ini memiliki tingkat ketebalan sebesar 0.46 mm.

  • Bahan Art Paper

Bahan ID Card yang umum dipilih selanjutnya ialah bahan art paper. Bahan ini terbuat dari kertas yang berada pada gram atur dengan kisaran berat antara 300 hingga 350 gram.Bahan art paper biasanya digunakan untuk membuat ID Card hanya untuk sekali pakai saja.

Sehingga tingkat keawetan ID Card dari bahan ini sanga trendah. Biasanya jenis ID Card yang terbuat dari bahan ini ialah berupa ID Card panitia acara tertentu, dan juga untuk acara konser atau event tahunan yang tidak perlu ID Card dalam jangka waktu lama.

Cara Mencetak ID Card

Apabila Anda ingin membuat atau mencetak ID Card maka Anda harus berkonsultasi dengan ahli cetak ID Card. Anda juga harus menentukan tipe bahan ID Card yang paling tepat dengan cara menyesuaikan jenis acara yang akan dihelat ataupun tujuan penggunaannya.

Jika ingin membuat ID Card untuk perusahaan atau instansi maka lebih disarankan menggunakan bahan PVC. Namun, jika Anda ingin membuat ID Card untuk kepentingan acara sementara waktu maka mencetak ID Card menggunakan art paper dirasa sudah cukup. Tentukan bahan ID Card dengan menimbang kegunaan untuk kedepannya.

Selain bahan, Anda juga perlu mempertimbangkan harga ID Card. Jika ingin mendapatkan harga miring maka Anda bisa mencetak ID Card dalam jumlah besar. Semakin banyak ID Card yang Anda cetak maka penawaran harganya akan semakin murah. Tentu hal ini akan menguntungkan Anda karena tidak perlu mengeluarkan dana terlalu besar untuk hasil yang maksimal.

Untuk Anda yang ingin membuat ID Card maka bisa menggunakan jasa cetak JogjaCard.com. Kami menawarkan jasa cetak ID Card berkualitas dengan harga normal. Untuk respon cepat hubungi kami via Whatsapp di nomor 082137830045. Atau kunjungi gerai kami yang beralamat di Jalan Veteran 172, Yogyakarta dan tentukan sendiri bahan ID Card.

Jenis Bahan ID Card yang Paling Laris diPasaran
Open chat