Proses cara membuat lanyard yang tepat mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Padahal pembuatan lanyard merupakan salah satu jenis usaha yang mulai berkembang dan banyak digeluti oleh usaha percetakan. Lanyard merupakan tali yang sering menjadi aksesoris utama pada ID card atau tanda pengenal.

Teknik atau langkah-langkah pembuatan tali lanyard sendiri perlu diketahui oleh karyawan di bagian produksi tali lanyard. Di samping itu, proses pembuatan lanyard juga bisa menjadi pengetahuan tambahan bagi semua orang untuk semakin memperkaya wawasan. Nah, inilah langkah penting dalam proses pembuatan tali lanyard yang patut Anda ketahui.

Pemilihan Bahan Lanyard

Langkah pertama cara membuat lanyard yaitu memilih bahan yang akan digunakan. Ada beberapa pilihan bahan baku pembuatan lanyard yang bisa dipilih. Pemilihan bahan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya setiap bahan yang berbeda memiliki karakter yang berbeda pula. Contoh bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan tali lanyard antara lain tisu, nylon, atau polyester.

Bahan tisu bisa digunakan untuk tali lanyard yang dibuat dengan metode printing digital. Bahan tisu memiliki keunggulan tersendiri untuk metode ini, karena bisa menghasilkan lanyard yang tidak mengelupas dan lebih halus. Sedangkan jika dikerjakan dengan metode sablon, maka lebih tepat memilih bahan polyester karena polyester memiliki permukaan yang kasar.

Menentukan Ukuran dan Warna Lanyard

Setelah menentukan pilihan bahan, langkah cara membuat lanyard berikutnya yaitu menentukan ukuran dan warna lanyard. Pemilihan warna sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya menyesuaikan warna logo perusahaan, warna identitas organisasi, maupun warna yang sesuai dengan instansi terkait. Namun yang jelas pemilihan warna cukup penting dalam pembuatan lanyard.

Selain warna, ukuran lanyard juga harus ditentukan. Ukur terlebih dahulu panjang dan lebar lanyard sesuai keinginan dan kebutuhan. Pengukuran ini dilakukan untuk menyesuaikan desain motif yang nantinya akan dicetak di atas lanyard. Jangan sampai motif yang telah dibuat tidak bisa tercetak dengan hasil maksimal karena kesalahan dalam mengukur.

Membuat Desain Lanyard

Inilah langkah yang tak kalah penting dalam proses cara membuat lanyard yang harus dilakukan. Langkah ini yaitu membuat desain yang akan dicetak di permukaan lanyard. Desain bisa berupa motif gambar maupun tulisan dengan semenarik mungkin. Tentunya desain yang dibuat harus sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Pembuatan desain motif atau tulisan harus dilakukan oleh orang yang ahli. Pembuatan desain diawali dengan menggambar sketsa terlebih dahulu baik melalui sketsa manual maupun sketsa digital di komputer. Setelah sketsanya selesai, baru kemudian bisa disempurnakan menjadi desain yang siap cetak. Pembuatan desain harus benar-benar diperhatikan setiap detailnya agar hasilnya memuaskan.

Mencetak Desain Lanyard

Setelah desain yang direncanakan sudah diselesaikan dengan sempurna, kini saatnya masuk ke bagian pencetakan. Ini merupakan langkah terakhir pada proses cara membuat lanyard sebelum siap digunakan. Pencetakan motif pada lanyard bisa menggunakan dua metode, yaitu metode sablon dan digital printing. Siapkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan untuk mencetak.

Jika membuat lanyard dengan metode digital printing, maka caranya yaitu tinggal diprint saja. Waktu yang diperlukan cenderung lebih cepat. Sedangkan metode sablon harus diawali dengan mencetak desain yang sudah jadi pada kertas kalkir. Kemudian desain pada kertas kalkir tersebut akan digunakan untuk membuat film pada screen.

Untuk membuat lanyard sebenarnya tidak susah. Jika Anda merasa kesulitan dalam pembuatan lanyard, maka serahkan saja pada ahlinya yaitu jogjacard.com. Jogjacard.com menawarkan jasa pembuatan lanyard berkualitas untuk Anda. Kunjungi Alamat Jogjacard.com Jalan Veteran 172, Yogyakarta atau hubungi melalui WhatsApp di nomor 082137830045 yang mengaplikasikan teknik cara membuat lanyard yang tepat dan sempurna.

Cara Membuat Lanyard untuk Keperluan Pelengkap ID Card
Open chat